September 19, 2023

Makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak hanya berfungsi untuk mengisi perut serta menyegarkan dahaga, tetapi juga untuk menikmati cita rasa dan budaya.

Ada banyak jenis makanan dan minuman di dunia ini, dari yang sederhana hingga yang rumit, dari yang tradisional hingga yang modern, dari yang sehat hingga yang berbahaya.

Namun, ada juga jenis makanan dan minuman yang memiliki proses pembuatan yang unik dan menarik, baik karena bahan, alat, teknik, atau tempatnya. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang unik dan proses pembuatannya.

Kopi Luwak

Kopi luwak adalah salah satu kopi termahal di dunia, karena berasal dari biji kopi yang telah dimakan dan dikeluarkan oleh luwak, sejenis musang yang hidup di hutan Indonesia.

Luwak memilih biji kopi yang matang dan berkualitas tinggi untuk dimakan, lalu mencernanya di dalam perutnya.

Proses pencernaan ini mengubah struktur kimia biji kopi dan mengurangi kadar asamnya, sehingga menghasilkan rasa kopi yang lebih halus dan aromatik. Setelah dikeluarkan oleh luwak, biji kopi tersebut dikumpulkan, dicuci, dikeringkan, disangrai, dan digiling menjadi bubuk kopi.

Cara Membuat Kopi Luwak

  1. Cari luwak liar di hutan atau beli luwak jinak dari peternak.
  2. Beri makan luwak dengan biji kopi pilihan yang matang dan segar.
  3. Tunggu sampai luwak mengeluarkan biji kopi dalam bentuk kotorannya.
  4. Kumpulkan kotoran luwak yang berisi biji kopi dan pisahkan dari kotoran lainnya.
  5. Cuci biji kopi dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan lendir.
  6. Keringkan biji kopi di bawah sinar matahari atau dengan mesin pengering.
  7. Sangrai biji kopi dengan suhu dan waktu yang sesuai dengan selera Anda.
  8. Giling biji kopi menjadi bubuk dengan mesin penggiling atau alat lainnya.
  9. Seduh bubuk kopi dengan air panas dan nikmati kopinya.

Keju Casu Marzu

Keju casu marzu adalah salah satu keju paling kontroversial di dunia, karena dibuat dengan cara membiarkan keju pecorino sardo (keju domba asal Sardinia) terinfeksi oleh larva lalat sirfopaga putris.

Larva ini memakan bagian dalam keju dan mencerna lemaknya, sehingga menghasilkan keju yang lunak, basah, dan berbau busuk.

Keju casu marzu dianggap sebagai delikasi oleh beberapa orang di Sardinia, karena memiliki rasa yang tajam dan pedas. Namun, keju ini juga berisiko menyebabkan infeksi atau keracunan makanan jika larva masih hidup saat dimakan.

  1. Buat keju pecorino dengan cara memanaskan susu domba dan biarkan mengendap selama tiga minggu hingga membentuk gumpalan keju.
  2. Potong atau kupas bagian luar keju yang keras hingga menyisakan bagian yang lembab dan empuk.
  3. Biarkan keju terbuka untuk mengundang lalat Piophila casei datang dan bertelur di permukaannya.
  4. Masukkan keju ke dalam gubuk gelap yang tertutup rapat selama dua hingga tiga minggu agar proses pembentukan belatung maksimal.
  5. Keluarkan keju dan siap disantap. Jika ingin rasa yang lebih khas, makan keju ketika belatung masih hidupĀ². Jika tidak, bisa menutup keju dengan plastik atau kertas agar belatung mati atau keluar dari keju.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *