February 23, 2024

 

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Berbagai macam masakan khas daerah ini menawarkan cita rasa yang lezat, unik, dan menggugah selera. Mulai dari makanan berat hingga camilan, ada banyak pilihan kuliner yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Berikut ini adalah beberapa kuliner terbaik di Sulawesi Selatan yang wajib Anda coba:

Coto Makassar

Coto Makassar adalah salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan yang paling terkenal. Coto Makassar adalah semacam sop daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, jintan, kunyit, jahe, dan lain-lain.

Daging sapi yang digunakan bisa berupa jeroan, otak, lidah, atau bagian lainnya. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat dan sambal tauco. Rasanya gurih, pedas, dan hangat.

Konro

Konro adalah kuliner khas Sulawesi Selatan yang berupa iga sapi yang dimasak dengan bumbu kacang merah dan santan. Konro memiliki warna hitam pekat karena menggunakan kecap manis sebagai bahan utamanya.

Daging iga sapi yang empuk dan bumbu yang meresap membuat konro sangat lezat dan mengenyangkan. Konro bisa disajikan dengan nasi putih atau burasa, yaitu sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang.

Pallubasa

Pallubasa adalah kuliner khas Sulawesi Selatan yang mirip dengan coto makassar, namun memiliki perbedaan pada bahan dan cara penyajiannya.

Pallubasa menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya, dan disajikan dengan kuah santan yang lebih kental dan berminyak.

Pallubasa juga ditambahkan dengan parutan kelapa sangrai dan telur mentah di atasnya. Pallubasa memiliki rasa yang lebih gurih dan kaya daripada coto makassar.

Pisang Ijo

Pisang ijo adalah kuliner khas Sulawesi Selatan yang berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau dan direbus hingga matang.

Pisang ijo biasanya disajikan dengan siraman saus santan manis dan sirup merah. Pisang ijo memiliki rasa yang manis dan segar, cocok sebagai penutup makanan berat atau sebagai camilan di siang hari.

Barongko

Barongko adalah kuliner khas Sulawesi Selatan yang berupa kue basah yang dibuat dari pisang, telur, santan, gula pasir, dan vanili.

Barongko dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Barongko memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dan harum. Barongko bisa dinikmati hangat atau dingin.

Itulah beberapa kuliner terbaik di Sulawesi Selatan yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke daerah ini. Selain itu, masih ada banyak kuliner lainnya yang tidak kalah lezat dan menarik untuk dicoba. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi kekayaan kuliner di Sulawesi Selatan.

Coto makassar dan pallubasa adalah dua kuliner berkuah khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari daging dan jeroan sapi atau kerbau. Namun, keduanya memiliki perbedaan pada bumbu dan penyajiannya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara coto makassar dan pallubasa:

Coto makassar menggunakan bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, jintan, kunyit, jahe, dan lain-lain, sedangkan pallubasa menggunakan bumbu kacang merah dan santan.

Coto makassar disajikan dengan ketupat atau burasa, yaitu sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang, sedangkan pallubasa disajikan dengan nasi putih.

Coto makassar ditambahkan dengan sambal tauco sebagai pelengkap, sedangkan pallubasa ditambahkan dengan parutan kelapa sangrai dan telur mentah di atasnya.

Itulah beberapa perbedaan antara coto makassar dan pallubasa. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama lezat dan menggugah selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *