February 21, 2024

Jawa adalah pulau yang memiliki banyak kekayaan budaya, termasuk kuliner. Kuliner khas Jawa memiliki cita rasa yang beragam, mulai dari manis, pedas, asin, hingga gurih. Setiap daerah di Jawa memiliki makanan khas yang menjadi ciri khasnya. Beberapa di antaranya bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba:

  • Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jawa Tengah dan sekitarnya, terutama banyak ditemukan di Yogyakarta1. Gudeg merupakan nangka muda yang dimasak dengan santan dan memiliki warna kecoklatan.

Biasanya, gudeg disajikan dengan ayam, telur, tempe, tahu, kuah santan kental, dan sambal goreng krecek. Krecek yang juga merupakan makanan khas Jawa adalah kulit sapi yang dikeringkan dan kemudian dicampur dengan kuah pedas.

Gudeg memiliki rasa manis pedas yang tentunya menggugah selera. Makanan khas Jawa ini dapat dinikmati dalam bentuk gudeg kering ataupun basah. Varian lain dari gudeg yaitu gudeg Solo, yang mana kuahnya berwarna putih.

  • Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur, terutama di Surabaya, dan juga di Jawa Tengah tepatnya di daerah Surakarta1.

Rawon merupakan kuliner khas Jawa berbahan dasar daging sapi yang dicampurkan dengan kuah berwarna hitam pekat dan biasanya disajikan dengan tauge, kerupuk udang, dan telur asin.

Yang khas dari rawon adalah kuah hitamnya yang berbahan dasar lengkuas, kunir, bawang, ketumbar, kemiri, serai, cabai, kluwek, minyak nabati, dan kaldu rebusan daging.

Rawon memiliki rasa gurih dan sedikit pahit dari kluwek yang membuatnya unik dan lezat. Rawon juga bisa disantap dengan nasi hangat atau lontong.

  • Lumpia Semarang

Seperti namanya, lumpia ini merupakan makanan khas Semarang, Jawa Tengah1. Pada umumnya, lumpia terbuat dari telur, isian daging ayam atau udang, dan kulit lumpia.

Sementara itu, lumpia Semarang memiliki bahan utama lainnya yaitu rebung. Rebung adalah tunas dari akar bambu. Karena berbahan dasar rebung, lumpia Semarang memiliki rasa dan aroma yang khas yang sangat berbeda dengan lumpia-lumpia lainnya.

Lumpia Semarang disajikan dengan saus kecoklatan, bawang putih cincang, dan daun selada. Makanan khas Jawa satu ini merupakan oleh-oleh khas Semarang dan dapat ditemukan di berbagai sudut jalan.

  • Soto Kudus

Soto adalah salah satu makanan favorit bagi banyak orang di Indonesia. Soto memiliki banyak varian sesuai dengan daerah asalnya.

Salah satu soto yang terkenal adalah soto Kudus dari Jawa Tengah2. Soto Kudus berbeda dengan soto lainnya karena menggunakan daging sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya.

  • Rujak Cingur

Rujak Cigur adalah makanan khas Surabaya, Jawa Timur. Rujak Cingur terdiri dari irisan buah-buahan segar seperti mangga muda, jambu air, nanas, bengkuang, timun, kedondong, dan lain-lain yang dicampur dengan bumbu rujak pedas manis.

Yang membuat rujak cingur berbeda adalah adanya potongan cingur atau moncong sapi yang direbus dan digoreng.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba kuliner-kuliner lezat dari Jawa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *