February 23, 2024

Hutan Pinus Limpakuwus adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hutan ini merupakan bagian dari lereng Gunung Slamet yang ditumbuhi oleh pohon-pohon pinus berumur lebih dari 30 tahun.

Hutan ini menawarkan suasana yang sejuk, asri, dan indah dengan udara yang bersih dan segar. Selain itu, hutan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai usia.

Bagaimana cara menuju Hutan Pinus Limpakuwus?

Hutan Pinus Limpakuwus berjarak sekitar 17 km atau 36 menit perjalanan dari Alun-alun Purwokerto. Jalan menuju hutan ini tidak terlalu besar, namun masih dapat dilewati oleh kendaraan roda dua atau empat.
Dari Alun-alun Purwokerto, arahkan kendaraan ke Jalan Raya Baturaden. Terus melaju di Jalan Raya Baturaden dan belok kanan setelah Warung Kopi Admi. Setelah 2,5 km belok kanan ke Jalan Hutan Pinus Limpakuwus, tak lama kemudian Anda akan langsung sampai di lokasi tujuan.

Kapan jam buka dan berapa harga tiket masuk Hutan Pinus Limpakuwus?

Hutan Pinus Limpakuwus buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Harga tiket masuk hutan ini adalah Rp15.000 per orang. Harga tiket masuk tidak termasuk dengan wahana-wahana yang ada di dalam hutan.
Pengunjung akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap wahana. Harga tiket wahana playground anak-anak berkisar antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang.

Apa saja fasilitas dan daya tarik Hutan Pinus Limpakuwus?

Hutan Pinus Limpakuwus memiliki berbagai fasilitas dan daya tarik yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Wahana Outbond: Pengunjung dapat mencoba berbagai permainan petualangan seperti flying fox, jembatan gantung, hammock, dan sebagainya.
  2. Wahana Playground: Pengunjung dapat menikmati berbagai permainan seru seperti trampolin, ayunan, jungkat-jungkit, dan sebagainya.
  3. Camping Ground: Pengunjung dapat berkemah di area hutan dengan membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang disediakan oleh pengelola.
  4. Penginapan/Cottage: Pengunjung yang ingin menginap di hutan dapat menyewa penginapan atau cottage yang nyaman dan bersih.
  5. Warung Makanan: Pengunjung dapat membeli makanan dan minuman di warung-warung yang ada di sekitar hutan.
  6. Toilet: Pengunjung dapat menggunakan toilet yang bersih dan terawat.
    Mushola: Pengunjung dapat melaksanakan ibadah di mushola yang tersedia di dalam hutan.
  7. Spot Foto: Pengunjung dapat mengabadikan momen-momen indah di hutan dengan berbagai spot foto yang aesthetic dan instagramable.

Apa saja tips berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuwus?

Agar kunjungan Anda ke Hutan Pinus Limpakuwus menjadi lebih menyenangkan dan aman, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Persiapkan kendaraan yang prima dan bahan bakar yang cukup, karena jalan menuju hutan ini cukup menantang dan tidak banyak pom bensin di sekitar.
  • Bawa pakaian hangat dan perlengkapan hujan, karena suhu di hutan ini cukup dingin dan cuaca bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Bawa bekal makanan dan minuman sendiri jika ingin berhemat, karena harga makanan dan minuman di warung-warung di hutan ini cukup mahal.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hutan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak tanaman atau fasilitas yang ada.
  • Patuhi peraturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengelola atau petugas keamanan hutan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Nikmati setiap momen yang ada di hutan ini dengan bersyukur dan bersenang-senang bersama keluarga atau teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *